Sekwan dan Kabag Hukum dan Humas DPRK Aceh Tengah Melakukan Bimtek Terkait dengan Penyususnan Tatib

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 21 September 2019

Senin, 16 September 2019, Sesuai dengan peraturan yang berlaku Anggota Dewan yang baru dilantik harus segera menyusun TATIB (Tata Tertib). Tatib itu sendiri dapat kita artikan sebagai patokan dan aturan organisasi yang dibuat untuk membatasi tingkah laku Anggota DPRK dalam suatu lingkup atau Organisasi yang jika melanggar akan dikenakan hukuman atau sangsi.

 


Dalam penyusunannya kini pemerintah menerbitkan PP Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, menggantikan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Untuk Aceh sendiri karena dalam penyusunannya harus mengkolaborasikan antara peraturan pemerintah dengan beberapa Qanun dan UUPA mengingat kekhususan Aceh. Atas hal tersebut Sekretaris DPRK Aceh Tengah yang didampingi oleh Kepala Bagian Hukum dan Humas melakukan Bimbingan teknis mengenai hal-lah yang menyangkut tentang Tata Tertib Anggota DPRK Aceh Tengah diantaranya:
Konsultasi dilakukan dengan Kabag Bimbingan dan Pengawasan Peraturan Per undang-undangan Biro Hukum Setda Aceh Ibu Sarifah, SH. Dalam Arahannya Fraksi DPRD dibentuk paling lama 1 (satu) bulan setelah pelantikan Anggota DPRD. PP 12 tahun 2018 (pasal 120 ayat 1) Fraksi di bentuk oleh pimpinan DPRK sementara hal ini sesuai dengan PP No 12 tahun 2018 pasal 34 Kemudian diperjelas oleh surat menteri Dalam Negeri No. 160/8946/SJ tanggal 13 Setember 2019 Tentang Penjelasan Pelaksanaan Tugas Sebagai Pimpinan Sementara DPRK, Pimpinan sementara DPRK bertugas memimpin rapat DPRK, memfasilitasi pembentukan Fraksi, memfasilitasi penrusunan rancangan Peraturan DPRK tentang Tata Tertib DPRK, dan memproses penetapan Pimpinan DPRK definitif. Perpindahan ke anggota fraksi hanya dapat di lakukan paling singkat 2 tahun 6 bulan sesuai dengan PP 12 tahun 2018 (pasal 120 ayat 8).

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32