Rapat Paripurna Pembentukan Fraksi-Fraksi DPRK Aceh Tengah

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 21 September 2019

Sabtu, 21 September 2019, menindaklanjuti undangan Ketua Sementara DPRK Aceh Tengah pada hari Jumat, tanggal 20 September 2019 dengan agenda Rapat Paripurna Pembentukan Fraksi-fraksi DPRK Aceh Tengah pada Pukul 09.00 WIB, di ruang sidang DPRK Aceh Tengah.


Rapat Paripurna tersebut dibuka oleh Ketua Sementara DPRK Aceh Tengah. Seperti biasanya sebelum memulai rapat Ketua Sementara DPRK  memastikan jumlah anggota yang hadir agar Kuorum terpenuhi dan rapat dianggap memenuhi syarat secara aturan.
“Berdasarkan kehadiran Anggota Dewan dan daftar hadir yang telah ditanda tangani sebanyak 20 orang Kuorum terpenuhi dan rapat kami nyatakan sah. Dengan mengucapkan BISMILAHIRRAHMANNIRRAHIM, rapat paripurna pembentukan fraksi-fraksi DPRK Aceh Tengah Kami buka dan terbuka untuk umum” yang diikuti ketukan palu sebanyak 3 (tiga) kali.


Dalam pidato pembukanya Ketua Sementara DPRK menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya rapat tersebut yaitu untuk memenuhi aturan mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Provinsi, Kabupaten dan Kota, khususnya yang berkenaan pada BAB X pasal 120.
“Perlu kami informasikan bahwa rapat paripurna hari ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Provinsi, Kabupaten dan Kota, khususnya yang berkenaan pada BAB X pasal 120 yaitu:
(1) Fraksi DPRD dibentuk paling lama 1 (satu) bulan setelah pelantikan Anggota DPRD.
(2) Setiap Anggota DPRD harus menjadi anggota salah satu Fraksi.
(3) Setiap Fraksi di DPRD beranggotakan paling sedikit sama dengan jumlah komisi di DPRD.
(4) Partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD mencapai ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) atau lebih dapat membentuk 1 (satu) Fraksi.
(5) Partai politik harus mendudukkan seluruh anggotanya dalam 1 (satu) Fraksi yang sama.
(6) Partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (3), anggotanya dapat bergabung dengan Fraksi yang ada atau membentuk paling banyak 2 (dua) Fraksi gabungan.
(7) Pembentukan Fraksi dilaporkan kepada Pimpinan DPRD untuk diumumkan dalam rapat paripurna.
Ketua Sementara melanjutkan bahwa poin yang telah di sampaikan di atas merupakan dasar bagi Anggota DPRK Aceh Tengah untuk membentuk Fraksi-Fraksi di DPRK Aceh Tengah. Selanjutnya Ketua Sementara DPRK menyampaikan bahwa 4 fraksi telah dibentuk di DPRK diantaranya: Fraksi PDIP, Fraksi Grindra, Fraksi Golkar dan Fraksi Gabungan Keramat Mupakat. Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Sementara DPRK melalui ketua Sementara DPRK menyampaikan permohonan maafnya, atas ketidak ikut sertaannya dalam Rapat Paripurna tersebut dikarenakan menghadiri pembukaan MTQ di Kabupaten Pidie.


Untuk lebih terperinci Fraksi sekaligus nama-nama anggotanya Ketua Sementara DPRK menginstruksikan agar nama Fraksi dan Anggotanya diumumkan melalui juru bicara Fraksi masing-masing. Kemudian nama-nama tersebut diserahkan kepada Ketua Sementara DPRK Untuk dijadikan Dokumen Sidang yang dikelola oleh Sekretariat DPRK Aceh Tengah melalui Sekwan Drs. Windi Darsa, MM.
“Untuk kesempatan pertama kami persilahkan juru bicara dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menyampaikan susunan pimpinan dan keanggotaan Fraksinya, kepada Saudara Kami persilahkan”

 


Juru bicara dari Fraksi PDIP yang diwakili oleh Jihar Firdaus menyampaikan susunan Pimpinan dan keanggotaan Fraksinya, yaitu:
Ketua: Samsuddin, S.Ag, M.Pd (Partai PDIP)
wakil Ketua : Abadi Ayus (Hanura)
Sekretaris : Jihar Firdaus SP (Partai PDIP)
Anggota : 1. Arwin Mega (Partai PDIP), 2. Ikhwan Mulyadi (Partai PDIP), 3. Suryati Waas (Partai PDIP).

 


Dilanjutkan dengan pembacaan susunan Pimpinan dan keanggotaan Fraksi Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA). Yang disampaikan oleh Susilawati, dengan susunan sebagai berikut:
Ketua: Eka Saputra, ST (Gerindra)
Wakil Ketua: Januar Effendi (Gerindra)
Sekretaris : Susilawati (PKS)
Anggota: 1. Muhammad Syarul, SE (Gerindra), 2. Edi Kurniawan (Gerindra), 3. Muzakir (PKS).

Kemudian Fraksi Golongan Karya (Golkar) Juga menyampaikan susunan pimpinan dan keanggotaannya, yang dibacakan oleh Fauzan, dengan susunan sebagai berikut:
Ketua: Muchsin Hasan, MSP (Golkar)
Wakil Ketua: Sukurdi Iska, SH (Demokrat)
Sekretaris: Fauzan (PPP)
Anggota: 1. Ansaruddin Syarifuddin Naldin (Golkar), 2. Ansari, SE (Golkar), 3. Mukhlis (Golkar), 4. Zulkarnain, MSP (Demokrat), 5. Tarmina (Demokrat), 6. Desy Novita Andriany (PPP).

 


Yang terakhir merupakan Fraksi Gabungan Keramat Mupakat, membacakan susunan pimpinan dan keanggotaannya, yang di bacakan oleh H. Hamdan, SH, dengan susunan sebagai berikut:
Ketua: H. Hamdan, SH (Nasdem)
Wakil Ketua: Ilhamuddin, S.Hut (PAN)
Sekretaris: Muhammad Abdi Nasution (PKB)
Anggota: 1. Win Konadi (Nasdem), 2. Joharsyah (Nasdem), 3. Salman, ST (PAN), 4. Gimin (PKB), 5. Khairul Ahadian (Berkarya), 6. Ismail AS (PA).


Setelah keempat perwakilan fraksi menyampaikan susunan kepemimpinan dan anggotanya ketua Sementara DPRK membacakan kembali secara kolektif susunan fraksi tersebut.
Sebelum rapat paripurna ditutup ketua sementara DPRK menyampaikan selamat bekerja dan apa yang disepakati hari ini mendapatkan berkah dan ridho dari Allah SWT.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32