DPRK Aceh Tengah Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat

Kategori : Kesehatan Kamis, 26 September 2019

Menanggapi kondisi kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Aceh Tengah khususnya Kota Takengon, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah membagikan ribuan masker kepada masyarakat yang melintasi jalan Yos Sudarso di depan gedung DPRK Aceh Tengah pada Selasa 24 September 2019.


Ketua Sementara DPRK Aceh Tengah Samsuddin, S.Ag, M.Pd dan beberapa Anggota DPRK lainnya didampingi Sekwan DPRK Aceh Tengah Drs. Windi Darsa, MM turun kejalan membagikan masker gratis kepada masyarakat untuk mengurangi dampak kabut asap yang menyelimuti Kota Takengon yang telah dirasakan selama beberapa hari ini. Upaya melindungi sistem pernafasan sangat perlu dilakukan mengingat ancaman beberapa penyakit yang akan muncul disaat manusia menghirup udara kotor secara berlebihan dan terus-menerus.


Terlebih lagi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tertanggal 15 September 2019 mengeluarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) pada saat itu termasuk kriteria Berbahaya, oleh karena itu DPRK Aceh Tengah dibantu Sekretariat berinisiatif untuk membagikan masker secara gratis untuk menanggulangi hal tersebut dan mengajak masyarakat Kabupaten Aceh Tengah untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi kabut asap yang terjadi saat ini.


“ini merupakan inisiatif DPRK Aceh Tengah untuk terjun langsung kepada masyarakat dalam mengurangi dampak kabut asap yang telah terjadi beberapa hari ini, kami juga menghimbau agar masyarakat Aceh Tengah Khususnya untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi kabut asap ini salah satunya adalah menggunakan masker, oleh karena itu kami terjun langsung dan membagikan masker-masker ini” ungkap ketua Sementara DPRK didampingi Sekwan DPRK Aceh Tengah.


Dalam kegiatan tersebut beberapa Anggota DPRK Aceh Tengah lainnya yaitu: Susilawati, Desy Novita Andriany, Fauzan, Ismail AS, Tarmina, dan Suryati Waas tampak antusias membagi-bagian masker gratis yang telah disediakan oleh Sekretariat DPRK Aceh Tengah lewat instruksi DPRK Aceh Tengah. Selain kepada membagikan masker gratis kepada masyarakat yang melintasi jalan, anggota DPRK Aceh Tengah juga membagikan masker tersebut kepada beberapa mahasiswa STAIN Gajah Putih yang kebetulan beberapa dari mahasiswa tersebut sedang berada di halaman kampus mereka yang kebetulan berada diseberang jalan Yos Sudarso.


Dalam kesempatan tersebut Ketua Sementara DPRK juga menghimbau agar masyarakat harus berhati-hati dalam mengelola lahan pertanian hindari pembakaran hutan sebisa mungkin, karena dampak yang akan di timbulkan sangatlah luas, sebagai contoh yang terjadi saat ini jarak Aceh ke Riau dan jambi tidak dapat dikatakan dekat, tetapi dengan jarak yang sangat jauh Aceh juga terkena dampak kabut asap.


Setelah semua masker habis dibagian Ketua Sementara DPRK Aceh Tengah beserta rombongan kembali ke Gedung DPRK dan melanjutkan aktivitas kembali.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32