Kunjungan Kerja Komisi A DPRK Ke BKP SDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia)

Kategori : Pemerintahan Rabu, 16 Oktober 2019

Selasa / 15 Oktober 2019, Pasca Penetapan Alat Kelengkapan DPRK Aceh Tengah, Komisi A Diwakili Oleh Suryati Waas (Sekretaris Komisi A) Tarmina (Anggota Komisi A) Dan Muhammad Abdi Nasution (Anggota Komisi A) Melakukan Kunjungan Kerja Ke BKPSDM Kabupaten Aceh Tengah Didampingi Kasubbag Humas Nilafiani, S.Ikom Beserta Staff.


Kunjungan Kerja Tersebut Tanpa Pemberitahuan Sebelumnya Dan Kegiatan Tersebut Merupakan Awal Dari Kunjungan Kerja Pada Mitra Kerja Komisi A, Dan Berikutnya Akan Dilaksanakan Sesuai Dengan Jadwal Yang Telah Di Tentukan SKPK Lainnya, Sekretaris Komisi A Suryati Waas Menyebutkan Bahwa Kegiatan Ini Merupakan Kunjungan Kerja Dan Bukan Inspeksi, Karena Didalam Kegiatan Ini Tidak Ada Pemeriksaan, Kunjungan Kerja Saat Ini Terfokus Untuk Mengetahui Keadaan Dari SKPK Yang Menjadi Mitra Kerja Komisi A. “Kegiatan Hari Ini Merupakan Kunjungan Kerja Dan Bukan Inspeksi, Karena Kita Hanya Bersilaturahmi Dan Menanyakan Keadaan SKPK Yang Bersangkutan, Seperti Kendala, Keadaan Sarana Dan Prasarana Dan Lain Sebagainya. Karena Inspeksi Secara Kamus Besar Bahasa Indonesia Berarti Ada Kegiatan Pemeriksaan Didalamnya Sedangkan Hari Ini Kita Hanya Fokus Menjalin Silaturahmi Dan Komunikasi Terarah”.


Saat Tiba Di Gedung BKPSDM Kabupaten Aceh Tengah Komisi A Mengucapkan Salam Dan Menyapa Beberapa Pegawai BKPSDM Yang Ditemuinya Sambil Berjabat Tangan Disertai Perkenalan Diri, Kondisi Ruangan Yang Awalnya Kaku Karena Kedatangan Anggota Komisi A DPRK Aceh Tengah Tanpa Pemberitahuan Sama Sekali Kemudian Berubah Menjadi Hangat Dengan Interaksi Yang Disertai Pertanyaan-Pertanyaan Ringan Yang Disampaikan Oleh Anggota Komisi A Tersebut Seperti Menanyakan Kabar, Keadaan Kesehatan, Tugas Pokok Di Instansi Tersebut Dan Sebagainya Gunanya Untuk Menjalin Keakraban Untuk Mempermudah Komunikasi.


Dalam Kunjung Kerja Tersebut Ada Beberapa Hal Yang Dibahas Oleh Kedua Belah Fihak Antara Lain, Kendala Yang Dihadapi Saat Ini, Sarana Dan Prasarana Serta Rencana Strategis Yang Akan Dilakukan. Muhammad Abdi Nasution Anggota Komisi A Menyampaikan Ada Beberapa Permasalahan Yang Saat Ini Menjadi Prioritas Komisi A Salah Satunya Yaitu Pemerataan Jumlah ASN Yang Saat Ini Belum Maksimal Dan Juga Biaya Untuk Tenaga Kontrak Yang Angkanya Cukup Besar, Dengan Didasari Hal Tersebut Komisi A Melakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Mencari Informasi Yang Menjadi Kendala-Kendala Pada SKPK Tersebut Yang Disertai Data-Data Pendukung Untuk Melakukan Analisis Yang Nantinya Dijadikan Dasar Pengambilan Kebijakan Bersama Fihak Eksekutif.
“Saat Ini Ada Beberapa Hal Yang Kami Anggap Sebagai Permasalahan Dan Kami Jadikan Prioritas Seperti Jumlah ASN Kita Yang Tidak Merata, Dan Belanja Untuk Penggajian Tenaga Kontrak Yang Sangat Besar, Jadi Kami Butuh Data ASN Yang Terbaru Serta Persebarannya Di Wilayah Kabupaten Aceh Tengah Dan Untuk Tenaga Kontrak Kami Ingin Mengetahui Jumlah Tenaga Kontrak Di Setiap OPD Yang Ada Di Kabupaten Aceh Tengah Ini, Selanjutnya Hal-Hal Yang Menjadi Kendala Baik Sarana Dan Prasarana Atau Kendala Lainnya”

Menanggapi Hal Yang Disampaikan Anggota Komisi A Tersebut, Sekretaris BKPSDM Jamaluddin, SE.MM Didampingi Kabag Perencanaan Drs. Mujakarah, MM, Menyampaikan Beberapa Kendala Yang Dihadapi Diantaranya Sarana Dan Prasarana Terutama Gedung BKPSDM Yang Sangat Tidak Seimbang Dengan Ribuan ASN Yang Dilayani Setiap Tahunnya, Walaupun Saat Ini Bagian Diklat Telah Dipindahkan Ke Gedung Yang Ada Di Dekat Gedung Sekretariat DPRK Aceh Tengah, Tetapi Hal Itu Tidak Sepenuhnya Dapat Membantu Kebutuhan Gedung Untuk BKPSDM Yang Saat Ini Sangat Mendesak.

Selanjutnya Drs. Mujakarah, MM Selaku Kabag Perencanaan Menyampaikan Kendaraan Dinas Untuk Operasional Hanya Tersedia 1 (Satu) Unit Saja, Sangat Jauh Dari Kebutuhan Semestinya, Dalam Melakukan Monitoring Disiplin Pegawai Contohnya, Saat Ini Selalu Dilakukan Dengan Menggunakan Kendaraan Pribadi. Selain Itu Kebutuhan Akan Perangkat Komputer, Kebutuhan Zaman Memang ASN Dibebankan Untuk Terus Mengikuti Perkembangan Teknologi Terlebih BKPSDM Yang Saat Ini Terdapat Banyak Sekali Penggunaan Aplikasi Untuk Menunjang Dan Pengolahan Data Pegawai, Jadi Sangat Wajar Penambahan Perangkat Komputer.
Dalam Kesempatan Yang Sama Tarmina Anggota Komisi A Mempertanyakan Apakah Kebutuhan Tersebut Telah Disampaikan Dalam Pengajuan Anggaran Untuk Tahun 2020. “Menanggapi Pernyataan Bapak Tadi Memang Kebutuhan Akan Gedung Ini Sangat Mendesak Sekali, Dan Beberapa Kendala Lainnya Seperti Perangkat Komputer, Apakah Ada Diajukan Pada Rencana Anggaran Tahun 2020, Karena Perlu Bapak Ibu Ketahui Kami Tidak Dapat Menjanjikan Akan Memenuhi Segala Kebutuhan BKPSDM Tetapi Kami Semua Disini Berusaha Untuk Menanggapi Kebutuhan Yang Telah Disampaikan Tadi Walaupun Tidak Sepenuhnya Tetapi Kami Akan Berusaha Untuk Menindak Lanjutinya Secara Bertahap”.


Melewati Diskusi Yang Panjang Kepala BKPSDM Irlina Aida, SH, MM Ikut Bergabung Dalam Diskusi Tersebut Yang Sebelumnya Beliau Menghadiri Undangan Pada Gedung Olah Seni Kabupaten Setempat.
Dalam Kesempatan Kepala BKPSDM Menjelaskan Kronologi Permintaan Gedung Yang Telah Diajukan Mulai Pada Tahun 2015 Namun Sampai Saat Ini Tidak Terealisasi, Kendala Lainnya Yang Dihadapi BKPSDM.
Sebelum Mengakhiri Diskusi Tersebut Kepala BKPSDM Menyerahkan Berkas-Berkas Pendukung Yang Nantinya Menjadi Sumber Informasi Bagi Komisi A Untuk Melakukan Menentukan Kebijakan Bersama Fihak Eksekutif Seperti Yang Telah Di Utarakan Sebelumnya.


Kemudian Kunjungan Kerja Tersebut Dilanjutkan Ke Bagian Organisasi Setda Kabupaten Aceh Tengah Untuk Meminta Data-Data Tenaga Kontrak Yang Kebetulan Lokasinya Hanya Bersebelahan Dengan BKPSDM, Dalam Diskusi Dengan Kepala Bagian Organisasi Berkas Yang Dimaksud Belum Dapat Diberikan Karena Ada Beberapa Kendala, Dan Meminta Sedikit Waktu Untuk Mempersiapkan Berkas Tersebut Agar Berkas Yang Diberikan Nantinya Dapat Serinci Mungkin Dan Menjadi Sumber Informasi Yang Akurat, Tercapai Kesepakatan Bahwa Berkas Yang Dimintakan Oleh Komisi A DPRK Aceh Tengah Akan Diserahkan Pada Hari Jumat, 17 Oktober 2019.


Setelah melakukan kunjungan kerja ketiga anggota komisi a kembali ke gedung Sekretariat DPRK Aceh tengah dan melakukan rapat evaluasi dengan kesepakatan, akan melakukan rapat komisi pada hari senin, 21 oktober 2019 mendatang.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32